Selasa, 13 Mei 2014

stopwatch casio

stopwatch casio
Di Posting oleh

STOPWATCH



Stopwatch adalah suatu alat ukur yang dugunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan yang memiliki ketelitian sampai tingkat detik.

Jam sukat atau jam randek (bahasa Inggris: Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan, misalnya: berapa lama sebuah mobil dapat mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang dapat mencapai jarak 100 meter.

Jenis stopwatch


Stopwatch ada dua jenis yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Jam sukat ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.jam sukat analog memiliki batas ketelitian 0,1sekonsedangkan jam sukat digital memiliki batas ketelitian hingga 0,1.
Perbedaannya hanya terletak pada komponen penyusunnya dan tampilan pembacaannya

a. Stopwatch Analog

Stopwatch analog merupakan jenis stopwatch manual yang menggunakan jarum penunjuk sebagai penunjuk hasil pengukuran, jarum penunjuk tersebut seperti pada arloji

b. Stopwatch Digital

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Waktu hasil pengukuran dapat kita baca hingga satuan detik.

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran, seperti jam digital dimana perhitungan waktu berdasarkan perhitungan elektronik.  

Stopwatch digital Otomatis Peka Cahaya dapat dibuat dengan menggunakan sensor cahaya sebagai saklar elektronik untuk menentukan awal dan akhir pencatatan rangkaian pencacah digital dengan ketelitian 0,0001 sekon.

Dengan Stopwatch digital otomatis peka cahaya dapat dilakukan pengukuran waktu tempuh pelari dengan ketelitian dan ketepatan yang dapat diandalkan. Perlu diketahui bahwa stopwatch baik digital maupun analog sama-sama mengunakan baterai tetapi ada pula yang menggunakan energy surya.

Cara menggunakan stopwatch

Cara menggunakan jam sukat dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.
Fungsi Stopwatch
Mungkin anda sering mendengar atau melihat Jam sukat atau dalam bahasa Inggris disebut Stopwatch. Namun apakah anda tahu fungsi atau kegunaan dari Stopwatch tersebut? Fungsi Stopwatch adalah sebagai alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan, misalnya berapa lama seorang perenang mencapai jarak 100 meter, atau berapa lama seorang pelari mencapai jarak 1 km, dsb.

Stopwatch atau jam sukat secara khas dirancang untuk memulai dengan menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

Kedua Stopwatch tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengukur lama waktu

Aplikasi Stopwatch

Guna menghemat penggunaan air, Badan Perairan Singapura (PUB) akan menerapkan inovasi baru dengan memperkenalkan pengatur waktu atau Stopwatch yang akan membatasi waktu mandi seseorang maksimal selama lima menit. Strategi ini diterapkan untuk menekan penggunaan air rumah tangga dari 153 liter/hari menjadi 147 liter pada 2020 mendatang.

Seperti dikutip dari The Straits Times, mandi menjadi sasaran utama program ini karena 30 persen penggunaan air di rumah terserap hanya dari mandi. Survei yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan kebanyakan warga Singapura menghabiskan waktunya untuk mandi antara 5-10 menit. Sedangkan jika setiap warga dapat memotong satu menit waktu mandinya, air yang dihemat adalah sebanyak 9 liter.

Cara kerja pengatur waktu ini cukup sederhana. Alarm pada pengatur waktu ini akan berbunyi jika waktu mandi sudah mencapai lima menit. 90.000 pengatur waktu digital rencananya akan dicoba terlebih dahulu ke sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas masyarakat. Warga Singapura sendiri menyambut baik rencana program penghematan air tersebut mengingat terkadang mereka tidak memperhatikan berapa lama mereka mandi dan berapa banyak air yang terbuang percuma. (Parepare Green and Clean Community)